Penyerahan Bibit Tanaman, Dalam Empat Kecamatan Secara Simbolis Oleh PJ Bupati Aceh Barat

ACEH139 Dilihat

GLOBALBERITA.COM MEULABOH – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, Sabtu (13/05/2023), menyerahkan secara simbolis 11 ribu batang bibit pohon untuk empat kecamatan dalam wilayah Aceh Barat.

Pohon itu adalah bagian dari upaya untuk antisipasi erosi dan mencegah banjir.
Sebagaimana diketahui, pasca banjir melanda di beberapa kecamatan dalam kabupaten Aceh Barat beberapa Minggu yang lalu, menyisakan kepedihan tersendiri bagi masyarakat yang terdampak , tak ayal, masyarakat harus segera bangkit dan berbenah.

Menurut Mahdi, banjir yang melanda ini harus menjadikan pembelajaran bagi masyarakat semua, dan harus ada upaya nyata yang dilakukan agar banjir tidak terus terulang.
Pernyataan tersebut dilontarkan PJ Bupati Aceh Barat saat menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada camat Woyla Timur, Panton Reu, Sungai Mas, dan Pante Ceureumen di aula Kantor Camat Woyla Timur, Sabtu, kemarin.

Bibit pohon yang berjumlah 11.000 batang itu diharapkan bisa ditanami di lokasi yang tandus dan menjadi solusi jangka panjang untuk erosi, sehingga mampu menjadi penyangga untuk mengatasi longsor dan banjir.

Menurut Mahdi, selain untuk menyangga longsor dan banjir, bibit pohon ini juga bisa ditanami di pekarangan rumah seperti pohon jambu, durian dan rambutan, sehingga nantinya juga bisa menjadi buah yang dapat di konsumsi bahkan dikomersilkan.

Selaras dengan itu, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Barat Bukhari mengatakan, dari 11.000 bibit pohon yang dibagikan itu, masing-masing kecamatan mendapatkan 2.750 batang bibit, yang terdiri bibit pohon durian, rambutan, jambu, pinang, sengon, mahoni, petai dan trembesi.

Ia mengharapkan pihak kecamatan segera membagikan kepada masyarakat dan ditanami agar upaya kita untuk reboisasi daerah yang tandus dan berpotensi longsor, dapat terlaksana.

ISKANDAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *