Minimnya Akses Jaringan Komunikasi Telepon Dan Internet Kurang Bagus

ACEH91 Dilihat

Peliput: Iskandar

Minimnya akses jaringan komunikasi telepon dan internet di Gampong Baro Paya, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, kembali menjadi sorotan utama.

Agus Sari Malem (30), Keuchik Gampong Baro Paya, menegaskan bahwa kendala Selama ini telah menjadi masalah yang terus berlangsung dan mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

“Meskipun Desa Kami berada di Jalur lintas Provinsi namun sinyal Telepon dan internet sangat minim, bahkan kalau nelponan atau saat memerlukan akses internet kami harus keluar rumah mencari jaringan” kata Agus Kepada awak Media pada hari Rabu.28 Feb 2024.

Menurut Agus, meskipun desa mereka berada di jalur lintas provinsi, sinyal telepon dan internet masih sangat minim.

“Daerah kami saat sangat butuh jaringan komunikasi karena kebanyakan masyarakat petani dan perkebunan sawit butuh informasi harga agar tidak terkecoh dengan nilai harga panen hasil tani di tipu oleh tengkulak atau pengempul”.

Hal ini mengharuskan warga untuk keluar rumah mencari jaringan yang memadai, sehingga menjadi hambatan dalam berkomunikasi dan mengakses informasi.

Kendala ini tidak hanya berdampak pada aktivitas sehari-hari masyarakat, tetapi juga mempengaruhi efisiensi kerja aparat desa.

Dalam pembuatan laporan dan koordinasi dengan instansi terkait, para aparat desa terkadang harus melakukan perjalanan jauh hingga ke kota yang berjarak sekitar 45 kilometer.

“Apalagi kami sebagai aparatur Gampong terkadang saat buat laporan desa terpaksa harus turun kekota jauhnya 45 KM, Kami berharap pada pemerintah maupun pihak terkait bisa membantu desa kami” Harapnya

Para petani dan perkebunan sawit di Gampong Baro Paya juga merasa terbebani oleh minimnya akses komunikasi ini.

Mereka kesulitan mendapatkan informasi harga yang akurat, sehingga rentan terhadap praktik penipuan oleh tengkulak atau pengempul.

Dalam upaya meningkatkan akses komunikasi di daerah tersebut, Agus Sari Malem berharap agar pemerintah dan pihak terkait dapat memberikan perhatian dan bantuan yang diperlukan.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat Gampong Baro Paya dan sekitarnya dapat terhubung dengan lebih baik dengan dunia luar, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *