Kapolda Buka Sispamkota Riau

RIAU334 Dilihat

PEKANBARU, GLOBAL BERITA– Jalan Gajah Mada Pekanbaru menjadi saksi dari acara penting Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah Riau (Polda Riau) yang berlangsung hari ini, Selasa (17/10).

Kapolda Riau dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama antara TNI dan Polri serta partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan umum.

Dalam pidatonya, Kapolda Riau menyampaikan bahwa latihan SISPAMKOTA yang berlangsung selama satu minggu di Jalan Gajah Mada Pekanbaru bertujuan untuk memastikan semua personil Polri dan stakeholder terlatih dan terbiasa dengan situasi sebenarnya. Lokasi latihan ini dipilih juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar mereka memiliki sensitivitas terhadap situasi krisis yang mungkin terjadi di sekitar mereka.

Sambutan ini juga menjadi bagian dari gelar operasi mantap brata yang dilakukan serentak di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kapolda Riau menegaskan bahwa meskipun TNI dan Polri bertanggung jawab di garis depan, keberhasilan SISPAMKOTA sangat bergantung pada partisipasi aktif dari semua pihak. Pencegahan dini dan langkah-langkah preventif telah diambil selama beberapa bulan terakhir untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat, mengurangi perbedaan, dan menjaga kebersamaan.

Kapolda Riau juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai partai politik dan pendukungnya. Hasil dari rapat koordinasi dan deklarasi pemilu damai adalah langkah-langkah konkret yang diambil untuk memastikan keamanan pemilu. Meskipun Riau tidak termasuk dalam indikator daerah rawan menurut Bawaslu dan Baintelkam, Kapolda Riau menegaskan bahwa mereka tidak meremehkan peran mereka sebagai kekuatan pengamanan yang diandalkan oleh masyarakat.

Dalam menjaga TPS yang dianggap rawan, Polda Riau akan menerapkan pola pengamanan yang ketat. Setiap TPS akan didampingi oleh satu anggota polisi dan satu petugas Linmas dengan pola patroli di TPS-TPS rawan tersebut. Tidak ada yang dianggap sepele dalam menjaga kebersamaan untuk menjaga pemilu 2024 tetap aman dan kondusif.

Dengan semangat dan tekad, Kapolda Riau memberikan nilai 110 untuk kesuksesan SISPAMKOTA hari ini, menandakan komitmen penuh dari kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan umum mendatang. Masyarakat diharapkan turut aktif berperan serta dalam menjaga keamanan dan mendukung suksesnya pemilu demi masa depan yang lebih baik bagi semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *