Bupati Mahdi Salurkan Bantuan Masa Panik Korban Banjir Aceh Barat

ACEH141 Dilihat

Peliput: Iskandar

GLOBAL BERITA, MEULABOH – Curah hujan yang tinggi terus terjadi di Kabupaten Aceh Barat, bahkan sejumah desa mengalami banjir yang cukup parah. Bergerak cepat, inilah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Drs Mahdi Efendi didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat Marwandi SE dan Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Jamal Mirda S.SI MSc meninjau langsung sejumlah desa terdampak, Senin (08/05/2023).

Kunjungan dilakukan di desa yang ada di Kecamatan Woyla Barat, yang desa-desanya terdampak banjir cukup parah, karena letaknya berada disepanjang bantaran sungai (Krueng) Woyla.

“Banjir ini terjadi sejak dua hari lalu yang diakibatkan tingginya curah hujan di beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Barat, sehingga menyebabkan debit air sungai meningkat dan meluap ke rumah-rumah masyarakat,”ujar Pj Bupati Mahdi di sela-sela kunjungannya.

Untuk itu, dirinya memastikan seluruh personil  yang bertugas di titik lokasi banjir akan selalu siap siaga guna mengantisipasi curah hujan yang cukup tinggi serta terjadinya banjir kiriman.

“Kami pastikan seluruh personil berkerjasama dengan TNI/Polri, saat ini dalam status siap siaga dalam menanggulangi musibah banjir ini. Kami juga menghimbau kepada masyarakat, meski debit air sudah mulai surut, namun harus tetap waspada karena curah hujan di Aceh Barat masih cukup tinggi,”pinta Mahdi.

Disela kunjungannya, Pj Bupati Aceh Barat itu juga menyerahkan sejumlah bantuan masa panik kepada masyarakat terdampak banjir, berupa bahan makanan seperti mie instan, minyak, air mineral, biskuit, sarden, kecap dan sambal, serta gula pasir yang diterima langsung Camat Woyla Barat.

“Usai menerima laporan terjadinya banjir di sejumlah kawasan di Aceh Barat, saya langsung menginstruksikan kepada Camat dan Dinas terkait untuk segera mendata dan mengirimkan bantuan masa panik secepat mungkin,” tutur Mahdi.

Ia berharap bantuan tersebut bisa membantu masyarakat dan bermanfaat bagi korban dalam meringankan penderitaan yang sedang di alami akibat musibah banjir ini.

Disamping itu, Pj Bupati Aceh Barat itu juga mengapresiasi Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Aceh Barat bersama personil terkait lainnya yang sigap dalam merespon cepat dan menanggulangi  musibah banjir, sehingga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat dampak banjir.

Dari data BPBD Kabupaten Aceh Barat per 8 Mei 2023, banjir yang telah melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat sejak dua hari lalu itu, telah merendam sebanyak 8 Kecamatan dan 58 Desa dalam Kabupaten Aceh Barat, yang menyebabkan 3.975 jiwa dari 1.652 KK terdampak banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *