Sutan Riska Buka Lomba Pidato Kebangsaan yang Digelar HMI Dharmasraya

DHARMASRAYA153 Dilihat

DHARMASRAYA, GLOBAL BERITA – Dalam rangka memeriahkan sekaligus mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Himpunan Mahasiswa Indonesia Cabang Dharmasraya menggelar Lomba Pidato Kebangsaan Tingkat siswa siswi SMP, SLTA sederajat dan mahasiswa se-Dharmasraya. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya yang dibuka langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sabtu, (12/08/23).

Dalam sambutan Bupati, bahwa sejarah perjuangan pendahulu bangsa tidaklah mudah. Begitu banyak daya dan upaya, bahkan nyawa yang harus dikorbankan hingga akhirnya kemerdekaan dapat diraih. Perjuangan tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat. Pada masa itu bangsa ini bersatu padu, bekerja q, satu visi, satu pikiran, satu tujuan yaitu Indonesia merdeka.

“Sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita bersama menghargai perjuangan itu dengan meningkatkan semangat jiwa patriotism dan nasionalisme terhadap tanag air tercinta. Semangat nasionalisme inilah yang akan membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan Negara tanpa memandang suku, ras maupun agama,” tegas Bupati.

Dengan tegas Bupati juga mengatakan, bahwa kemerdekaan bukanlah sekedar bebas dari penjajahan. Tetapi juga sebuah amanah yang besar. Amanah untuk menjaga, memelihara dan memajukan bangsa dan Negara kita.

“Marilah kita semua, dari berbagai lapisan masyarakat bersama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, keadilan dan kebhinekaan sebagai landasan berbangsa dan bernegara,” himbau Bupati lagi.

Bukan hanya itu saja, Bupati pun berpesan kepada seluruh generasi penerus bangsa. Bahwa di era yang semakin maju, tantangan yang dihadapi bangsa kita semakin komplek. Globalisasi, teknologi dan berbagai dinamika lainnya menghadirkan beragam peluang dan ancaman. Namun, semangat kemerdekaan yang mengalir dalam setiap diri anak bangsa haruslah menjadi pendorong bagi kita untuk beradaptasi dan terus berkembang.

“Saya mengajak adik-adik mahasiswa dan kita semua yang hadir disini untuk tetap berkomitmen dalam membangun negeri ini. Baik sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja, maupun pejabat. Kita semua memiliki peran penting dalam menciptakan Indonesia yang lebih baik. Mari kita tingkatkan kerjasama abtar generasi, antar daerah, dan antar kelompok masyarakat dalam memajukan negeri kita,” bebernya lagi.

Dengan tema Proklamasi Kemerdekaan tahun ini yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Terus melaju serta kerja keras penuh keihlasan secara bersama-sama seperti yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Untuk memaknai tema tersebut, Bupati mengajak seluruh peserta untuk dapat bekerja sama bagi kelancaran seluruh rangkauan acara yang dilaksanakan. Selain itu, bentuk kerjasama lainnya adalah sportivitas antar peserta lomba yang akan bertanding nantinya. Terlebih lagi tema pidato kali ini yaitu “Khidmat Kemerdekaan Melaju Indonesia Emas 2045”.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia serta seluruh adik-adik mahasiswa yang telah bekerjasama dalam persiapan acara lomba pidato kemerdekaan dan FGD dalam rangka peringatan HUT RI ke-78 di Kabupaten Dharmasraya ini,” pungkas Bupati.

Sedangkan juri yang dalam lomba ini adalah orang orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Seperti Ridwan Syarif salah seorang unsur pimpinan di Baznas Kabupaten Dharmasraya. Kabid Pariwisata, Benny Mandala Putra, dan Wakil Rektor III Undhari Amar Salahuddin.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *