Sutan Riska Terima Anugerah Nirwasita Tantra Tahun 2023

DHARMASRAYA192 Dilihat

DHARMASRAYA, GLOBAL BERITA– Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Budi Waluyo, terima Penghargaan Nirwasita Tantra untuk kategori pemerintah daerah kabupaten kecil tahun 2023. Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wanabakti, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (29/08/2023)

“Alhamdulillah untuk kesekian kali kita berhasil memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra ini,” terang Budi Waluyo.

Dilanjutkannya, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah bersama legislatif yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

“Program Nirwasita Tantra sudah dimulai sejak 2016, yang mana proses penghargaan telah melewati beberapa tahapan mulai dari mengirimkan dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap dua, dan tahap akhir pengiriman video untuk penetapan pemenang,” ungkapnya.

Diungkapkan Budi Waluyo, dalam hal Nirwasita Tantra ini, Kabupaten Dharmasraya menerima dua penghargaan, yaitu atas kerja Pemkab Dharmasraya dan atas kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerjaaan selaku Kepala Daerah.

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutan mengaku tahu persis kinerja kepala daerah yang dapat penghargaan Nirwasita Tantra, termasuk Sutan Riska. “Saya tahu kapasitas kepala daerah penerima penghargaan, dalam mengelola lingkungan hidup. Bupati Tabalong, dan Bupati Dharmasraya, luar biasa kapasitasnya. Saya tahu karena saya ke lapangan,” sebutnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Siti Nurbaya juga akan mengusulkan Pemerintah Daerah peraih penghargaan Nirwasita Tantra sebagai penerima Dana Insentif Daerah (DID) .

Atas keberhasilan ini, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada perangkat daerah, masyarakat dan seluruh pihak terkait yang mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya.

Ketua Umum Apkasi ini berharap penghargaan Nirwasita Tantra dapat memberikan stimulasi positif bagi Kabupaten Dharmasraya dalam terus berinovasi dan meningkatkan kinerja dalam perlindungan alam dan lingkungan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *