TP PKK Dharmasraya Selenggarakan HKG PKK ke-51 Dan Jambore Kader PKK Berprestasi Tahun 2023

DHARMASRAYA122 Dilihat

Peliput : MIKE

GLOBAL BERITA, DHARMASRAYA -Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku
Kerajaan membuka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 dan Jambore Kader PKK Berprestasi Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dharmasraya. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Dharmasraya, Pulau Punjung Snn, (/06/23).

Kegiatan juga dihadiri oleh Sekda, Adlisman, Forkopimda, Kepala SKPD se-Kabupaten Dharmasraya, Ketua TP PKK Dharmasraya, Dewi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua Dharma Wanita Dharmasraya, Camat, Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya serta undangan lainnya.

TP PKK Dharmasraya Selenggarakan HKG PKK ke-51 Dan Jambore Kader PKK Berprestasi Tahun 2023

Atas terselenggarakannya kegiatan ini Sutan Riska menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada semua pihak, khususnya kepada keluarga besar TP PKK Kabupaten Dharmasraya yang telah bekerjasama dan berkoordinasi dengan seluruh unsur terkait. Demi terlaksananya acara HKG PKK dan Jambore pada hari ini.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya beserta seluruh perangkat daerah, camat dan walinagari mendukung penuh kegiatan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) PKK ke-51 tahun 2023. Dengan tema Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh. Dan ini menjadi istimewa karena PKK telah melewati masa emasnya.

“Banyak hal tentunya yang telah dilakukan gerakan PKK selama 51 tahun perjalanannya. Kiranya dapat menjadi bahan pembelajaran bahwa upata memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dengan pendekatan cipta, rasa dan karsa yakni dengan hati dan niat yang tulus,” kata Bupati.

Katanya lagi, peringatan HKG ini hendaknya dijadikan momentum untuk menunjukan bahwa tim penggerak PKK dengan segala program kerja. Dan kegiatan yang dinamis dapat member manfaat yang optimal pada masyarakat. Wujud kegiatan yang nyata tersebut merupakan salah satu upaya untuk membuktikan bahwa PKK mampu membantu mempercepat kesejahteraan keluarga melalui pembinaan secara rutin dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hari Kesatuan Gerak PKK juga harus mampu kita dayagunakan sebagai media untuk mengawasi diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program kerja PKK. Harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan segala teknologi yang ada.

“Melalui peringatan HKG PKK ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada roh-nya. Yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memperdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi focus perhatian kita. Keluargalah yang harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Kami mengharapkan segenap jajaran tim penggerak PKK secara berjenjang di semua tingkatan untuk dapat saling bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat,” kata Bupati Dharmasraya yang juga menjabat Ketua Apkasi.

Selanjutnya, Sutan Riska mengatakan gerakan PKK harus senantiasa didukung oleh perangkat daerah. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen, kerjasama dan sinergitas kita dalam membangun keluarga yang berdaya, sehat dan sejahtera melalui 10 program pokok PKK.

Hari ini juga akan dilaksanakan Jambore kader PKK berprestasi yang akan diikuti oleh kader-kader PKK yang ada di 52 nagari dan 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya. “Saya berharap para kader PKK dapat mengikui seluruh rankaian kegiatan hari ini dengan penuh suka cita. Dan saling berbaur dalam suasana kekeluargaan,” himbau Bupati lagi.

Kegiatan jamboree PKK ini merupaka salah satu kegiatan bergengsi PKK, yang tidak hanya untuk menyaring kader-kader terbaik, menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dari kader-kader PKK. Tetapi juga sebagai ajang untuk memupuk kebersamaan dan silaturahmi antar kader PKK.

“Saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu upaya tim penggerak PKK Kabupaten Dharmasraya dalam mewujudkan 10 program PKK yang sekaligus akan mendorong tercapainya visi dan misi Kabupaten Dharmasraya. Maka pada kesempatan ini saya mengajak para kader sekalian untuk mengikutinya dengan penuh semangat. Mari kita satukan langkah dan presepsi sehingga program kerja PKK dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Dharmasaya, Ny. Dewi Sutan Riska dalam laporannya menyampaikan, kegiatan HKG PKK Dharmasraya tahun ini menyelenggarakan Lomba Stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), berupa pameran produk makanan, minuman maupun kerajinan tangan hasil Pokja perwakilan TP PKK Kecamatan Se Kabupaten Dharmasraya.

Menurutnya kegiatan lomba UP2K ini merupakan bagian dari persiapan TP PKK Kabupaten Dharmasraya, untuk mengikuti kegiatan serupa di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Hasil lomba ini merupakan calon utusan Kabupaten Dharmasraya di iven-iven yang lebih tinggi.

“Kami berharap, kegiatan ini merupakan awal usaha kita untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi TP PKK Kabupaten Dharmasraya sebagai yang terbaik dua tingkat Provinsi Sumatera Barat yang kita peroleh tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *