Berty Sompie Dilantik Jabat Rektor Unsrat

PENDIDIKAN208 Dilihat

BERITA ONLINE LOKAL, JAKARTA– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Selasa (20/12), mengangkat dan melantik 28 pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) yakni Rektor dan pejabat pimpinan tinggi pratama, dan unsur pimpinan lainnya, satu diantaranya ialah Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Octovian Berty A Sompie, MEng.

Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kemendikbud Ristek Ir Suharti, MA. PhD dalam pelantikan tersebut menyampaikan kepada para pejabat yang dilantik untuk terus mempertahankan dan meningkatkan semangat profesionalisme dalam bekerja di manapun bertugas.

Kemendikbudristek, seperti diutarakan Sekjen memiliki target kinerja yang tidak ringan sebagaimana tertuang di dalam rencana strategis kementerian. Suharti mengingatkan bahwa kebijakan-kebijakan besar dalam payung Merdeka Belajar terus bergulir. Hingga saat ini, sudah 22 episode Merdeka Belajar diluncurkan.

Implementasi berbagai kebijakan besar ini menurutnya harus dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh jajaran di kementerian.

“Seluruh pejabat dituntut untuk bekerja secara profesional menjaga akuntabilitas dan integritas. Serta yang tidak kalah penting yaitu kolaborasi, kerja sama, harus menjadi prinsip dalam bekerja. Demikian program merdeka belajar yang telah membawa dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan harus dibuat lebih baik dan terukur,” tekan Sekjen dalam sambutan pelantikan yang disampaikan.

“Kita tidak bisa menyelesaikan masalah pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi hanya dengan bekerja sendiri.Teruslah berkarya sambil terus belajar termasuk dari tim di masing-masing satuan kerja Bapak dan Ibu. Demikian juga Bapak Menteri menekankan agar tidak ada lagi perundungan, kekerasan maupun intoleransi di semua lingkup pendidikan tinggi. Ini tugas kita semua termasuk bagi bapak dan ibu yang baru dilantik,” sambungnya.

Suharti menambahkan para pejabat yang dilantik periode 2022-2026, telah memasuki akhir tahun 2022 dan menyambut tahun 2023. Anggaran telah ditandatangani oleh Presiden RI, oleh karena itu Sekjen meminta seluruh pimpinan pendidikan tinggi harus memaksimalkan anggaran lewat program dan kegiatan yang membawa manfaat bagi peningkatan mutu pendidikan.

Sementara itu Rektor Unsrat yang baru dilantik, Prof Dr Ir Octovian Berry A Sompie, MEng. Mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek dan semua jajaran yang ada atas pelantikan yang telah terselenggara dan berjalan baik.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri dan Ibu Sekjen atas pelantikan ini. Saya berkomitmen akan menjalankan tugas sebagaimana himbauan dari Bapak Menteri lewat Ibu Sekjen. Terima kasih kepada Tuhan dan juga keluarga saya. Demikian kepada mantan Rektor Unsrat Ibu Ellen Kumaat, juga kawan-kawan pimpinan, dosen serta semua staf dan civitas akademika Unsrat atas dukungan kepada saya. Doakan dan topang saya dalam menjalankan tugas ini agar kita bisa membawa Unsrat untuk menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia, selebihnya mampu melahirkan lulusan yang memilki kualitas dan kuantitas mumpuni di bidang masing-masing, sekali lagi terima kasih, Tuhan memberkati kita semua,” ucap Sompie.
Pada pelantikan ini Sompie didampingi keluarga, juga mantan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J Kumaat, MSc DEA, dan jajaran pimpinan Unsrat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar