Ketua TP PKK Dharmasraya Raih Satyalencana Wira Karya

DHARMASRAYA88 Dilihat

Peliput : Mike

GLOBAL BERITA, DHARMASRAYA -Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny Dewi Sutan Riska, menerima Satyalencana Wira Karya (SWK) Tahun 2023 dari Pemerintah Republik Indonesia, yang diserahkan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, dalam puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30, Musi Banyuasin, Sumsel, Kamis (06/07/2023).

Terpilihnya Ny. Dewi Sutan Riska sebagai penerima tanda kehormatan Wira Karya disebabkan telah memberikan kontribusi dan dukungan yang besar dalam pengelolaan program paket kencana, pengentasan kemiskinan, menggerakkan ekonomi masyarakat dan program percepatan penanganan stunting.

Isteri Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan itu juga turut berperan aktif membantu suaminya melakukan berbagai upaya percepatan penanganan stunting. Salah satunya adalah dengan mencarikan bapak asuh bagi anak stunting. Saat ini sudah ada 240 orang bapak asuh anak stunting tersebut.

Selain itu, TP PKK yang dikomandoi Ny. Dewi, bersama Pemkab Dharmasraya pada awal tahun 2023 telah sukses menyelenggarakan kegiatan pemecahan Rekor MURI memasak 11.790 butir telur menjadi 2.725 makanan, yang merupakan bagian dari kampanye gemar mengkonsumsi makanan bergizi dalam upaya menekan angka gagal tumbuh kembang di Kabupaten Dharmasraya.

Ny. Dewi dipandang cakap memimpin TP PKK Dharmasraya bergandengan tangan dengan Bidan, Kader KB dan lainnya serta bersinergi aktif mendampingi keluarga berisiko, sehingga mampu menekan angka prelevansi stunting di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

“Puji Syukur kepada Allah SWT, terimakasih kepada Suamiku, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, atas dukungan Pemkab kepada TP PKK, sehingga hasil kerja kami mendapat apresiasi dari Bapak Presiden Jokowi,”ungkap Dewi Sutan Riska pasca menerima penyematan lencana.

Ny. Dewi juga tak lupa menyampaikan ucapa terima kasih dan rasa bangganya kepada seluruh pengurus dan kader TP PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai nagari. Selain itu apresiasi khusus juga disampaikan kepada Kader KB, bidan nagari dan para ahli gizi di setiap Puskesmas.

“Apa yang saya terima hari ini merupakan buah dari kesetiaan dan kesediaan bapak/ibu semua bekerja sama dengan saya bersama pak bupati memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Dharmasraya,”ungkapnya.

Ny. Dewi merupakan satu-satunya penerima Satyalencana Wira Karya yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat pada puncak acara Harganas 2023 di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sebagai informasi, pada tahun sebelumnya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, terlebih dahulu menerima Satyalencana Wira Karya, karena telah berperan aktif menyukseskan Program Bangga Kencana melalui perencanaan Kampung KB secara sinergis dan terintegrasi.

Sutan Riska saat itu juga dinilai mendukung Program Lansia berupa Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato Beringin Sakti (GL Pro Sasabesa), serta dapat menekan angka stunting, sehingga tercipta SDM berkualitas, keluarga mandiri, tangguh, sehat dan berdaya guna di Kabupaten Dharmasraya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Sutan Riska dan Ny. Dewi juga merupakan pasangan pertama dan satu-satunya di Sumatera Barat yang berhasil meraih Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI, khususnya dibidang Kesejahteraan Keluarga.

Satyalencana Wira Karya merupakan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada Negara dan Bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *