Hut Bhayangkara ke 77, Sutan Riska : Polri Mitra Staregis Membangun Dharmasraya

DHARMASRAYA461 Dilihat

Peliput : MIKE

GLOBAL BERITA, DHARMASRAYA – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 77 di Kabupaten Dharmasraya, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati setempat, Sabtu (01/07/2023) berlangsung khidmad.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres Dharmasraya, AKPB Nurhadiansyah, serta turut dihadiri Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Dandim 0310/ SSD, Letkol Reno Handoko, Ketua Pengadilan Agama Pulau Punjung, M Rifai, Ketua KNPI Dharmasraya, Tedy Deska Putra, Sekretaris Daerah Adlisman beserta jajaran dan Walinagari Se Kabupaten Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska yang didaulat memberi sambutan, menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke 77 dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kepada seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Pada HUT Bhayangkara dengan Tema Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai Indonesia Maju, Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu mengatakan, bahwa Pemkab Dharmasraya selama ini telah menjadi mitra strategis Polri dalam membangun daerah dan Indonesia.

“Kami berdiri di sini mengucapkan terima kasih, karena jajaran Polri bersama pemerintah dan masyarakat telah memberikan pelayanan terbaik khususnya bagi Dharmasraya, dan umumnya bagi Indonesia,” ujar Sutan Riska.

Sutan Riska menjelaskan, berdasarkan laporan dari walinagari, camat dan seluruh masyarakat, kerjasama dengan Polri, khususnya Polres Dharmasraya selama ini telah berjalan baik.

“Sinegitas antara Polri dan TNI dengan Pemkab Dharmasraya Alhamdulillah sampai ketingkat Provinsi dan Nasional termasuk yang paling kompak. Ini menjadi bukti komunikasi kita selama ini berjalan dengan baik,” terangnya.

Sutan Riska kemudian mengenang, dimana selama ini begitu banyak suka duka yang telah dilalui bersama, termasuk tiga tahun terakhir menghadapi Pandemi Covid-19.

“Saat ini, pasca Covid-19, bersama Polri, kita juga sedang bahu membahu menggangaungkan recoveri ekonomi supaya kehidupan masyarakat semakin baik. Kalau ekonomi masyarakat semakin bagus, Insya Allah jalannya pemerintahan dan keamanan juga semakin baik juga,” terangnya.

Selain itu, Sutan Riska juga menyinggung sukses kegiatan Hari Lansia Nasional (HLUN) ke 27, yang menghadirkan Menteri Sosial, Tri Risma Harini, juga merpakan sukses bersama seluruh pihak termasuk dalam hal ini peran serta Polri.

“Semua ini bisa sukses karena bersama, dan merupakan prestasi yang luar biasa buat kita,” lanjutnya.

Seterusnya, Sutan Riska juga mengingatkan pihak kepolisian agar selalu menguatkan barisan menghadapi Pemilu 2024 yang sudah di depan mata.

Dirinya berharap, Polri bersama TNI dapat menjaga keamanan dan ketertiban bangsa ditengah potensi gangguan sebagai akibat pesta demokrasi itu.

“Kita harus siap melangkah supaya pemerintah daerah dan pemerintah pusat dapat menjalankan pemerintahan dengan stabil, agar Indonesia semakin baik kedepannya,” tutupnya.

Sebelumnya, Inspektur Upacara, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, membacakan amanat tertulis Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono kepada seluruh insan Bhayangkara khususnya di sejajaran Polres Dharmasraya.

Adapun amanat tersebut adalah, pertama, terus tingkatkan kinerja untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas tahun 2045 di tengah dinamika tugas yang makin kompleks.

Seterusnya yang kedua, mengedepankan strategi kepolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

“Tiga, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah dan cepat serta konsisten dan berkelanjutan,” lanjutnya.

Kemudian keempat, meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hhkum guna menegakkan hukum yang professional transparan dan berkeadilan.

“Lima, memperkuat koordinasi soliditas dan kerjasama dengan unsur TNI, Pemerintah Daerah, dan stakeholder terkait lainnya, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri,” lanjutnya.

Untuk tahun 2024, Kapolres mengatakan masih ada agenda besar lainnya yang menjadi perhatian Polda Sumbar, seperti Pacu Kuda nasional, Pekan Olahraga Provinsi Sumbar dan Pemilu.

“Agar seluruh persionil untuk mempersiapkan dengan baik menjaga Kamtibmas di Provinsi Sumbar”, perintahnya.

Diakhir pidato, Kapolres menyampaikan apresiasi khusus kepada Sutan Riska beserta Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat. Pasalnya berkat dukungan semua pihak, Polres Dharmasraya pada tahun 2023 berhasil menyelesaikan 47 kasus dengan restorative justice.

“Ini tentunya tidak terlepas dari dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, sehingga perkara-perkara ini bisa kita selesaikan di luar pengadilan, yang tentunya memakan waktu yang lama dan biaya yang mahal,” ungkapnya.

Kemudian Kapolres mengatakan berkat bantuan Pemkab Dharmasraya, berdasarkan penilaian tim Polda Sumbar, ruang palayanan Polres Dharmasraya, dianggap menjadi yang terbaik di sejajaran Polda Sumbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *