HBP ke-59, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Mengadakan Syukuran dan Halal Bihalal

SUMATERA78 Dilihat

GLOBALBERITA.COM, SIANTAR(SUMUT) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pematangsiantar Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Acara Puncak Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59, Rabu (03/05/2023).

Dalam gelaran acara puncak memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar sekaligus menggelar syukuran halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1444H 2023 dan pelepasan pegawai lapas yang sudah memasuki masa purnabakti.

Demikian rangkaian acara HBP ke-59 tahun 2023 ini, sebenarnya sudah dimulai pihak Lapas Kelas IIA Pematangsiantar dari beberapa Minggu yang lalu.

Dari persiapan hingga sampai hari ini yang dimaksudkan sebagai acara puncak peringatan HBP yang ke-59.

Rangkaian kegiatan HBP ke-59 di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar diawali dengan dibukanya PORSENAP (Pekan Olah Raga Narapidana) dimana dalam Pekan Olah Raga tersebut Warga binaan pemasyarakatan (Wbp) bertanding melawan petugas.

Selanjutnya, One Day One Prison’s Produck – Pemasyarakatan Bersih-bersih – Seminar Pemasyarakatan Safari Ramadhan – Ziarah/Tabur Bunga Di Makam Pahlawan – Lomba MTQ Warga Binaan, Touring Pemasyarakatan Peduli, kemudian Razia Gabungan Bersama Penegak Hukum TNI, POLRI, dan BNN, dan upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59.

Dalam kesempatan tersebut, M. Pitra Jaya Saragih selaku Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar menyampaikan.

“Diharapkan acara Syukuran Serta Halalbihal pada Idul Fitri 1444H tahun ini 2023, dapat mempererat rasa kekeluargaan kita, sekaligus menjaga keeratan ikatan tali Silahturahmi dengan para Purnabhakti,” ucap M. Pitra selaku Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja kita semua serta berharap Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 ini, dapat menjadi penyemangat bagi kita di usia Pemasyarakatan yang tidak muda lagi,” pungkasnya.

“Kita harus mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas kinerja kita,” pesannya.

Dengan dirangkaikannya acara Pelepasan Purnabakti dalam acara puncak HBP ke-59 ini. Pitra Jaya juga berpesan, bahwa setiap purnabakti. Tetaplah bagian dari keluarga besar pemasyarakatan meskipun telah selesaikan menuaikan masa baktinya.

Acara puncak HBP ke-59 yang sekaligus sebagai syukuran serta Halalbihalal ini, turut dihadiri oleh Ibu-ibu PIPAS Dan DWP Lapas Kelas IIA Pematangsiantar.

Guna menjaga tertib dan lancarnya pelaksanaan rangkaian kegiatan yang sedang berlangsung, Kalapas Pithra Jaya Saragih juga mengarahkan petugas PAM (Pengamanan) dibawah komando Ka. KPLP Raymon Girsang untuk fokus dalam mengidentifikasi dan mengantisipasi kerawanan yang mungkin saja timbul,

Ka-KPLP Raymon Girsang senantiasa dalam kewaspadaan serta melaporkan setiap perkembangan situasi Kepada Pimpinan, guna menciptakan situasi yang aman dan tertib serta mencegah /mengantisipasin terjadinya gangguang kamtib di Saat rangkaian acara HBP ke 59 dilaksanakan.

Satu hari sebelumnya tepatnya pada tanggal 02 Mei 2023 Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan di Langsungkan secara Virtual di pimpin oleh Menteri Hukum Dan HAM RI “Yasona H. Laoly” yang di Ikuti oleh Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar di Lapas Kelas 1 Medan.

Pada hari yang sama Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar juga menerima kembali penghargaan prestasi terbaik ke-2 sebagai penyelenggara kesehatan pemasyarakatan tahun 2023 dari Kanwil Kemenkumham Sumut.

“Adapun prestasi ini merupakan wujud apresiasi atas upaya dan dedikasi sekaligus Bhakti UPT Pemasyarakatan dalam memajukan Indonesia di bidang Pemasyarakatan,” tutup Pitra Jaya Saragih selaku Kalapas Kelas IIA. (L3O)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *