Program Mapatik Se Tou, Permudah Administrasi Kependudukan Warga Bersalin

MINAHASA99 Dilihat

GLOBAL BERITA, MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, menyerahkan tiga dokumen kependudukan kepada warga yang melakukan persalinan, di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Rabu (20/3/24).

Penyerahan dokumen oleh Bupati Kumendong, didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) Minahasa, Meidy Rengkuan SH MAP, serta jajaran RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Jemmy menuturkan bahwa kegiatan ini, dalam rangka menindaklanjuti program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, untuk mendekatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

“Saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Minahasa telah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan RSUD Sam Ratulangi Tondano, terkait inovasi pelayanan Mapatik Se Tou atau Ba Tulis Orang,” kata Bupati.

Ia menjelaskan, program Mapatik Se Tou yaitu satu peristiwa kependudukan atau kelahiran untuk menerbitkan tiga dokumen kependudukan. Diantaranya, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Untuk menindak lanjuti program tersebut, hari ini saya menyerahkan tiga dokumen kependudukan yang melakukan persalinan kepada keluarga Kuhon-Wauran atas nama Aksen Mirachel Kuhon,” ujarnya.

Lanjut dia, program ini sementara dikembangkan di rumah-rumah sakit dan klinik bersalin, termasuk rumah-rumah sakit Kabupaten/Kota tetangga di Sulawesi Utara.

“Saat ini juga sementara perampungan terkait perjanjian kerja sama dengan RS. Dr JH Awaloei di Kecamatan Mandolang,” pungkas Kumendong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *