15 Kecamatan Siap Terima Distribusi Logistik Pemilu 2024 Oleh KPU Sangihe

SANGIHE145 Dilihat

SANGIHE, GLOBAL BERITA– Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 sudah dimulai sejak hari ini oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sangihe, dimana sebanyak 15 Kecamatan yang akan menerima distribusi tersebut dan sesuai jadwal wilayah pulau terluar merupakan prioritas.

Mengingat akses yang bisa digunakan hanya transportasi laut dan mengantisipasi cuaca ekstrim yang bisa saja terjadi disaat penyaluran logistik pemilu, Ketua KPU Sangihe Absan Tahendung mengungkapkan bahwa untuk distribusi logistik pemilu 2024 wilayah perbatasan Indonesia- Filipina memang didahulukan.

“Jadi sesuai jadwal hari ini kita dahulukan pendistribusian ke tiga pulau kecamatan Marore dan dua pulau masuk di kecamatan Kendahe. Dimana di dua kecamaran ini ada sebanyak 45 kotak suara untuk 9 TPS, dan untuk transportasi kita menggunakan KRI KAKAP milik TNI-AL,” ungkap Absan, Rabu (7/2/2024).

Dan untuk dua kecamatan kepulauan yang terdekat yakni kecamatan Nusa Tabukan dan Tatoareng di rencanakan akan dilaksanakan di tanggal 9 Februari 2024.

“Untuk Nusa Tabukan dan Tatoareng nanti akan menggunakan kapal lokal dan tadi sudah ada survei kelayakan kapal dari Polres Sangihe, Lanal Tahuna dan Dinas Perhubungan Sangihe,” jelas dia.

Lebih lanjut Tahendung membeberkan, pendistribusian logistik kemudian akan dilanjutkan pada tanggal 10 hingga 12 Februari untuk wilayah daratan dan akan dimulai dari wilayah terjauh.

“Untuk wilayah daratan kami akan menyediakan 6 armada truk dan akan dimulai dari kecamatan Tabukan Selatan Tenggara dan Manganitu Selatan,” ujarnya.

Diketahu selain jajaran KPU Sangihe, dalam pendistribusian ini juga melibatkan pihak TNI/Polri serta Bawaslu Sangihe, untuk secara bersama- sama mengamankan logistik agar tiba dengan baik hingga ke 15 kecamatan.

“Agar supaya logistik benar- benar aman dalam pendistribusiannya, kita melibatkan TNI/Polri juga dibantu oleh Bawaslu Sangihe sebagai lembaga pengawas Pemilu,” tutup Ketua KPU Sangihe.

Data yang terangkum, sebanyak 2. 350 kotak suara yang dipastikan diterima oleh Panitia Pemilihan di 15 Kecamatan, untuk disiapkan pada 470 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berikut Jumlah TPS disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sangihe :

  1. Tamako 51 TPS
  2. Tahuna Barat 20 TPS
  3. Marore 6 TPS
  4. Kendahe 23 TPS
  5. Tabukan Selatan Tengah 12 TPS
  6. Tabukan Selatan 24 TPS
  7. Nusa Tabukan 13 TPS
  8. Tabukan Selatan Tenggara 10 TPS
  9. Tabukan Tengah 41 TPS
  10. Manganitu Selatan 38 TPS
  11. Tahuna Timur 38 TPS
  12. Tabukan Utara 74 TPS
  13. Tatoareng 17 TPS
  14. Manganitu 52 TPS
  15. Tahuna 51 TPS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *