70 Jabatan Fungsional Kesehatan Minsel Ikut Uji Kompetensi

MINSEL128 Dilihat

GlobalBerita.com,-Sebanyak 70 jabatan fungsional Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan(Minsel) mengikuti uji kompetensi, bertempat di Ballroom Hotel Sutan Raja Amurang ,Pada hari Senin 6 November 2023.

Turut hadir Bupati Minahasa Selatan yang diwakili Oleh Sekretaris Daerah Kab.Minahasa Selatan Ibu Glady Kawatu, MSi, sekaligus membuka kegiatan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan Tahun 2023.

Uji kompetensi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM kesehatan yang berkualitas dalam rangka pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat.

 

Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr.Wiwin Opod mengatakan “uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan merupakan suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja pejabat fungsional kesehatan yang dilakukan oleh tim penguji dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi”ucapnya.

Ditambahkan “Perlunya uji kompetensi jabatan fungsional didasarkan pada suatu kenyataan bahwa lingkup pekerjaan jabatan fungsional tersebut memiliki cakupan yang cukup luas, membutuhkan penguasaan pengetahuan standar teoritis di bidangnya, serta memerlukan penguasaan khusus secara substansial menurut tingkat keahlian pada bidang tertentu, berpedoman pada peraturan menteri kesehatan no.18 tahun 2017 tentang uji kompetensi tenaga kesehatan,” jelasnya

 

Pada periode tahun 2023 ini ada beberapa jenis jabatan fungsional kesehatan yang diujikan, yang terdiri dari dokter, dokter gigi, bidan, asisten apoteker, administrator kesehatan, fisioterapi, nutrisionis, pranata lab. kesehatan, tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku, psikologi klinis, elektromedis, perawat, epidemiologi, apoteker, sanitasi lingkungan.

kegiatan ini juga di dampingi langsung SDK dr. Monita Nangoy, Kasubag Kepegawaian Dinas Kesehatan apt.Lodewyk N.N.Poluan, S.Farm, Kasie Yankes dr. Ivana Kontu Pengawas SDK Andries Lengkong AMd.Kep.

 

Dengan adanya pelaksanaan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan, dapat membantu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM kesehatan yang berkualitas dalam rangka pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat.

 

kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Selatan dan tidak dipungut biaya / Gratis karena kegiatan ini dibiayai lewat dana APBD Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023.

 

(Hard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *