Peringati Hari Lahir Pancasila, Masyarakat Diajak Hidup Gotong Royong Mambangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

MINAHASA150 Dilihat

 

Peliput : Novita

GLOBAL BERITA, MINAHASA – Peringatan hari lahir Pancasila di Kabupaten Minahasa di tandai dengan Upacara Bendera yang di pimpin oleh Bupati Minahasa Bupati Minahasa Dr.Ir Royke Octavian Roring M.Si., IPU.,ASEAN.,Eng selaku Inspektur Upacara, bertempat dihalaman kantor bupati Minahasa, Kamis (1/6/23).

Dalam upacara, Bupati ROR membacakan sambutan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman, sekaligus sebagai bintang penuntun yang memandu kehidupan bangsa mewujudkan masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.
“Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara,” kutip Bupati.

Lanjutnya, negara ini menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, masyarakat dan penyelenggara negara yang terbebas dari perilaku korupsi, terbangun infrastruktur merata diseluruh Indonesia, menjadi negara yang mandiri dan paling berpengaruh di Asia Pasifik serta menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

“Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika.
Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” lanjutnya.

Di peringatan hari Pancasila tahun 2023 ini Pemerintah mengajak masyarakat saling bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global
Pada peringatan hari Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai yang terkandung didalamnya.

Menutup sambutan, atas nama Presiden RI, Bupati menyapaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada etinggi-tingginya kepada para Founding Father atas warisan luhur Pancasila.

“Terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para Founding Father atas warisan luhur Pancasila yang sudah dinikmati hingga saat ini,” tutupnya.

Turut hadir dalam upacara, Sekda Minahasa Lynda Watania, perwakilan Forkopimda serta jajaran Pemkab Minahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *