TPI Pembangunan ZI Gelar Verifikasi Lapangan di 4 Satker Jajaran Kemenkumham Jatim

JAWA TIMUR92 Dilihat

GLOBAL BERITA MADIUN – Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan Zona Integritas (ZI) menggelar verifikasi lapangan di 4 satkerjajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. TPI yang dipimpin Inspektur Wilayah VI Itjen Kemenkumham Luluk Ratnaningtyas itu melakukan kunjungan ke Bapas Kediri, Rutan Magetan, Lapas Pemuda Madiun dan Lapas I Madiun.

“Secara umum, performa dari satker di Jawa Timur ini sangat baik, karena kami melihat langsung di lapangan banyak perubahan yang dilakukan,” ujar Luluk.

Luluk yang didampingi Kadiv Administrasi Saefur Rochim mengatakan bahwa keempat satker yang dikunjungi TPI diharapkan mampu menyeimbangkan antara bidang teknis pelayanan dan administratif.

“Untuk pelayanan teknis sudah cukup optimal, namun ada beberapa hal yang sifatnya lebih administratif yang harus kami perdalam,” terangnya.

Ke depan, Luluk mengatakan bahwa hasil dari verifikasi lapangan ini akan dijadikan bahan rujukan untuk tahapan selanjutnya. Yaitu menentukan satker mana saja yang akan diusulkan ke KemenPAN-RB.

“Sebagai salah satu kanwil dengan perwakilan terbanyak, kami berharap hasilnya juga bisa optimal hingga tahapan berikutnya,” urainya.

Sementara itu, Rochim mengucapkan terima kasih atas kerja keras TPI dalam memberikan evaluasi hingga verifikasi lapangan kepada keempat satkernya. Menurutnya, pihaknya akan segera menindaklanjuti catatan yang diberikan TPI.

“Ini bentuk komitmen kami untuk melakukam reformasi birokrasi yang menjadi amanat presiden dan Menkumham Yasonna H Laoly,” tegas Rochim.

Pria asal Tuban ini juga mengapresiasi jajarannya yang telah memberikan yang terbaik selama proses verifikasi lapangan. Dengan segala inovasi yang ada, dia yakin keempat UPT Pemasyarakatan yang menjadi sample bisa menjadi contoh bagi yang lain.

“Keempat satker yang dilakukan verifikasi lapangan adalah salah satu wakil terbaik dari Kanwil Kemenkumham Jatim, kami optimis keempatnya mampu memberikan yang terbaik,” terangnya.

Keempat satker yang dipilih untuk dilakukan verifikasi lapangan pembangunan zona integritas memang punya keunggulan masing-masing. Seperti Rutan Magetan yang memiliki inovasi pemantauan barang titipan kepada warga binaan.

Selanjutnya Lapas I Madiun memiliki berbagai macam inovasi seperti Sentra Layanan Publik hingga Blok Khusus Rehabilitasi Narkoba dan Pondok Pesantren. Sedangkan Bapas Kediri memiliki inovasi layanan keliling yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pembimbing kemasyarakatan. Terakhir, Lapas Pemuda Madiun punya andalan pelayanan terpadu melalui aplikasi e-Bluder. (Humas Kemenkumham Jatim/redho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *