Cegah Penyimpangan, Keuchik di Nagan Raya Teken Pakta Integritas Pengelolaan Dana Desa

ACEH80 Dilihat

GLOBALBERITA.COM, SUKA MAKMUE Cegah Penyimpangan, Keuchik di Nagan Raya Teken Pakta Integritas Pengelolaan Dana Desa

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, SSos, MSi membuka sosialisasi pengelolaan dana desa 2023, ai Aula Setdakab setempat, Jumat (12/5/2023).

Dalam kesempatan itu, para keuchik di Nagan Raya meneken pakta integritas terkait dana desa sehingga terhindari dari penyimpangan.

Pj Bupati Fitriany Farhas memaparkan materi tentang arah penggunaan dana desa 2023, bahwa tugas pemerintah daerah hanya mengarahkan bagaimana penggunaan dana gampong tersebut.

“Jika ada yang tidak dipahami maka bertanyalah dan saya meminta dalam menyalurkan dana desa nanti jangan memilah-milah,” kata Pj Bupati.

Pj Bupati menyampaikan, keuchik dipilih oleh masyarakat maka berlakulah adil dalam menyalurkan bantuan atau hal lainnya.

Fitriany juga menekankan para keuchik untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun suatu wilayah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Nagan Raya, Damharius, MSi menjelaskan, dana desa merupakan pemasukan di setiap gampong untuk meningkatkan sarana prasarana bagi masyarakat gampong.

Di antaranya, berupa pemenuhan kebutuhan dasar, penguatan lembaga gampong, dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat yang diputuskan melalui Musrenbang Desa.

Berikutnya, materi tentang solusi menekan inflasi dengan peternakan dan pertanian disampaikan Dandim 0116/ Nagan Raya, Letkol Inf Tony Setyo Widodo.

Damdim mengajak, seluruh keuchik gampong untuk meningkatkan kebiasaan seperti menanam dan memelihara ternak guna menekan inflasi daerah.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Setiyawan Eko Prasetya melalui Kasat Reskrim, AKP Machfud yang turut menjadi pemateri pada kegiatan tersebut dalam paparannya mengingatkan bahwa dana desa untuk kesejahteraan masyarakat, bukan kesejahteraan aparatnya.

Dikatakan Kasat Reskrim, dengan penggunaan dana yang tepat sasaran, maka akan mencegah konflik dalam desa.

Kajari Nagan Raya, Muib MH mengungkapkan, dalam menjalankan segala hal maka tergantung niatnya.

“Maka jika ingin bapak aman dalam menjalankan tugas sebagai kepala desa, luruskan niatnya terlebih dahulu,” harap Kajari.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Nagan Raya menyerahkan penghargaan kepada desa mandiri yakni Gampong Simpang Peut, Langkak, dan Blang Tengoh.

ISKANDAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *