Bawaslu Minsel Lantik 177 Pengawas Kelurahan/Desa

DAERAH, MINSEL, POLITIK17 Dilihat

MINSEL, GLOBALBERITA – Bawaslu Kabupaten Minsel Provinsi Sulawesi Utara mengambil sumpah dan janji serta melantik sebanyak 177 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem menyatakan bahwa PKD langsung bekerja guna mengawasi jalannya tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2024.

“Tidak ada lagi kata santai karena para rekan-rekan PKD langsung bekerja (action),” kata Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem, Sabtu (1/6/2024).

Menurut dia, dalam waktu dekat PKD Pilkada 2024 akan mulai bekerja mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada 2024.

“Maka kami minta agar rekan-rekan PKD berkoordinasi dengan pihak desa setempat dan terutama kepada Panitia Penyelenggara Suara (PPS),” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, anggota PKD juga diharapkan untuk segera mempelajari dan memahami Peraturan Bawaslu sebagai pedoman dan acuan dalam menjalankan tugas pengawasan di lapangan.

“Sehingga kami minta anggota PKD untuk segera cepat berkoordinasi dan beradaptasi dalam melaksanakan tugas dan kerja pengawasan,” katanya.

Bawaslu Minsel sebelumnya melantik sebanyak 177 anggota PKD Pilkada 2024 yang akan bertugas dalam menjalani pengawasan tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2024 di daerah itu.

“Pelantikan 177 orang anggota PKD Pilkada 2024 ini kami laksanakan sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Bawaslu RI Nomor: 215/HK/01.01/K1/05/2024,” ujarnya.

Dikatakan Keintjem sebanyak 177 anggota PKD yang dilantik tersebut akan bertugas di 17 kecamatan daerah itu.

“Mereka seluruhnya adalah berasal dari 177 desa/kelurahan yang terdapat di Kabupaten Minsel,” katanya.

Ia berharap, PKD Pilkada 2024 yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga integritas dan profesionalitas dalam bertugas.

“PKD Pilkada 2024 adalah ujung tombak kami di lapangan sehingga kami mengharapkan mereka dapat mencegah dan melakukan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran Pilkada 2024,” ujarnya.

(DArK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *