Sosialisasi SNPMB secara Daring DIgelar Universitas Sam Ratulangi

PENDIDIKAN571 Dilihat

GLOBAL BERITA, MANADO— Sosialisasi tentang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 dilaksanakan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, secara luring maupun daring, di Kantor Pusat Unsrat, Rabu (28/02/2024).

Dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo Gerung MSc, menyatakan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam SNPMB 2024.

SNPMB membuka tiga jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Mandiri.

Kuota yang dimiliki Unsrat pada tahun ini sebanyak 6.317 alokasi kuota untuk jalur SNBP sebesar 20 persen, untuk SNBT 40 persen, dan Mandiri 30 persen, sedangkan kuota 10 persen sisanya fleksibel.

Prof Grevo mengemukakan, perbedaan yang mendasar di tahun ini adalah mahasiswa yang sudah lulus dalam SNBP tidak lagi diperkenankan mendaftar dalam dua jalur seleksi yang lain.

Hal ini sudah diatur dalam Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023. Jadi yang lulus SNBP tidak lagi bisa masuk ke seleksi yang lain,” ujarnya.

Demikian halnya dengan yang lulus melalui jalur SNBT, kata dia, juga tidak bisa mengikuti seleksi Mandiri.

“Ini karena sistem saat ini berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tidak lagi berdasarkan nama saja. Jadi kalau sudah mendaftar dan lulus, NIK sudah terdaftar,” pungkasnya.

Ia pun menjelaskan, dalam SNPMB ini setiap calon mahasiswa diperkenankan memilih dua program studi.

Contohnya, salah satu siswa mendaftar SNBP dengan memilih dua program studi, di mana pilihan pertama adalah pilihan utama dan pilihan kedua hanya pilihan alternatif.

Jika dia sudah lulus di salah satu program studi, semisal di pilihan kedua walaupun bukan merupakan pilihan utamanya maka mau tidak mau, calon mahasiswa itu sudah harus kuliah di program studi itu.

“Sebab jika dia sudah lulus dan tidak memanfaatkannya, ini berarti dia sudah mengambil jatah orang lain,” imbuhnya.(ape)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *