Kuliah Umum Kompetisi Hegemoni, Pancasila dan Indonesia 2045

PENDIDIKAN888 Dilihat

GLOBAL BERITA, MANADO— Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia (RI), Andi Widjajanto, S. Sos, MSc, Ph.D,  mengunjungi sekaligus memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa, dosen, guru besar dan civitas akademik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (06/06/2023).

Kedatangan Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto, S. Sos, MSc, Ph.D, disambut Langsung Rektor Unsrat Manado, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng, IPU,  bersama jajaran di Kantor Pusat Unsrat Manado, Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang. Selanjutnya memberikan kuliah umum di aula kantor pusat.

Pada kesempatan itu Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng, IPU, berterima kasih dan merasa sangat terhormat atas kunjungan  Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto, S. Sos, MSc, Ph.D, ke Unsrat.

Sementara itu Gubernur Lemhanas, menyampaikan materi kuliah umum dengan topik “Kompetisi Hegemoni, Pancasila & Indonesia”. Dia menekankan Lanskap Geopolitik Indonesia menghadapi kekuatan bertahan Amerika Serikat di utara dan kekuatan ekspansif Cina di selatan, karena itu Indonesia harus memiliki kemampuan sendiri yaitu tidak berpihak ke utara maupun ke selatan.

“Menghadapi berbagai tantangan global Indonesia mengembangkan Geopolitik berbasis Pancasila. Dimana Indonesia bukan negara agama, bukan negara ateis dan juga bukan negara sekuler, “ujarnya.

Dia juga memaparkan, masa depan Indonesia menjadi negara maju dan besar antara lain ditentukan bagaimana membangun kualitas demokrasi yang menjamin hak asasi manusia dan toleransi beragama.

“Dengan kata lain memperkokoh serta mengimplementasi Pancasila sebagai Dasar Negara, “pungkas Widjajanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *