Hadiri HUT Ke-77 Desa Ampreng, Ada Hal yang Mengesankan Pj Bupati Minahasa

MINAHASA92 Dilihat

GLOBAL BERITA, MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, menghadiri Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun ke-77 Desa Ampreng, Kecamatan Langowan Barat, Sabtu (6/4/2024).

Ibadah Syukur dipimpin oleh Gembala GPDI Ampreng, Herny Talumewo S.Th, yang dilaksanakan di Balai Desa Ampreng.

Perayaan diawali dengan laporan singkat dari Ketua Panitia, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Desa Ampreng oleh Hukum Tua Ny. Masri Aruperes, dengan bahasa Tontemboan dan selanjutnya menggunakan Bahasa Indonesia.

Bupati Kumendong dalam sambutannya menyampaikan, banyak selamat kepada Desa Ampreng yang merayakan HUT Ke-77. Dirinya mengapresiasi sambutan yang dibawakan hukum tua Ampreng dengan mengunakan dialek daerah Tontemboan.

“Tentunya perayaan ini merupakan sebuah syukur boleh membilang usia yang ke-77 tahun. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, sekali lagi saya ucapkan banyak selamat kepada masyarakat Desa Ampreng,” ucap Jemmy Kumendong.

Ia melanjutkan, bahwa dirinya begitu terkesan dengan laporan yang dibawakan dalam Bahasa Tontemboan. Itu merupakan salah satu programnya untuk melestarikan budaya Minahasa.

Dalam pengamatannya, penutur bahasa daerah di Minahasa tidak lebih dari 50 persen. Beberapa puluh tahun ke depan kemungkinan kurang 10 persen yang menggunakan. Itu sebabnya bahasa daerah sangat perlu dilestarikan. Ia pun mengatakan jangan malu menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi kita sehari-hari.

“Sangat penting pelestarian bahasa daerah di mulai dari pendidikan di sekolah, tapi sangat susah untuk dimasukan di dalam mulok, tapi alternatifnya bisa digunakan dalam peribadatan digereja-gereja,” pungkas Jemmy Kumendong.

Turut mendampingi, Kepala Bapenda Jeffry Tangkulung SH, MAP,  serta Camat Langowan Barat Ir. Sisca Maseo, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *