Didampingi Gubernur Sulut RI 1 Resmikan Bendungan Lolak

BMR, DAERAH83 Dilihat

GLOBAL BERITA– Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bersama rombongan tiba di Manado, Sulawesi Utara Kamis kemarin, (22/2/2024). Orang nomor satu di Indonesia itu, dijemput langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama jajaran.

Dalam pertemuannya bersama Gubernur, seperti biasanya selalu akrab dan penuh canda tawa. Setelah dari bandara, Presiden Jokowi mengajak Olly Dondokambey semobil dengannya, menuju Hotel tempat penginapan di kawasan Boulevard Manado.

Kunjungannya ke Sulawesi Utara, dengan agenda meresmikan Bendungan Lolak, Bolaang Mongondow, Hari ini Jumat (23/2/20242).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pengelolaan air harus menjadi konsentrasi kerja. “Kedepan urusan air, urusan energi ini akan menjadi sebuah persoalan besar kalau kita tidak siapkan sekarang,” ucapnya.

Indonesia memiliki 4.400-an sungai, akan tetapi baru 292 sungai yang memiliki bendungan. Sebagai ilustrasi, China memiliki sebanyak 98.000 bendungan, Korea Selatan memiliki kurang lebih 20.000 bendungan, sementara Indonesia memiliki 292 bendungan.

Jokowi menyebutkan, Bendungan Lolak bisa menampung sebesar 16 juta meter kubik yang mampu mengairi sawah kurang lebih 2.200 hektare.

“Jadi, kalau di provinsi lain, di kabupaten lain juga memiliki bendungan dengan kapasitas yang kurang lebih sama. Air yang ada di negara kita, bisa kita kelola dengan baik sehingga bermanfaat,” ungkapnya.

“Berdasarkan informasi dari Gubernur Olly Dondokambey, Kabupaten Bolaang Mongondow merupakan lumbung padinya Sulawesi Utara.
Betul – betul kita harapkan Bendungan Lolak bisa bermanfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Olly menambahkan, bahwa dengan adanya bendungan ini diharapkan akan semakin menjadikan Bolmong sebagai lumbung padi di Sulut.

“Juga ketersediaan air baku, penanganan bencana banjir hingga bisa menjadi potensi wisata kreasi baru di kabupaten Bolmong,” tutupnya.

Sementara, Pj Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si sangat mengapresiasi terlaksananya bendungan Lolak, sehingga bisa selesai dan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Kiranya Bendungan lolak ini bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat, untuk kelangsungan hidup warga dalam mengelolah pertanian di Sulawesi Utara, lebih khusus masyarakat Bolmong.

Turut hadir dan mendampingi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC) Olly Dondokambey SE, Pj Bupati Minahasa, Bupati Bolmong, Bupati Bolsel, Bupati Bolmut, Walikota Kotamobagu, Bupati Sitaro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *