DPD LDII Kota Surabaya Gotong Royong Bersihkan Pantai Kenjeran

SURABAYA192 Dilihat

SURABAYA, GLBAL BERITA– LDII Kota Surabaya melakukan kegiatan gotong royong bersih-bersih pantai di Kenjeran, Kota Surabaya, Minggu (24/9/2023) pagi.

Dalam kegiatan ini LDII mengajak beberapa organisasi lain seperti MUI Kota Surabaya, FKUB Kota Surabaya dan termasuk juga instansi Pemkot Surabaya.
Sekitar 300 orang sudah berkumpul Kenjeran, tepatnya di Taman Suroboyo sejak pukul 07.00 WIB.
Dengan membawa alat kebersihan seperti jaring, karung dan juga capit, ratusan kader LDII ini kemudian menyebar di sana.
Setelah sekitar dua jam melakukan kegiatan bersih pantai dan gotong royong di sekitar taman, LDII Surabaya lanjut membagikan sekitar seribu bibit tanaman serta beberapa tong sampah ke masyarakat atau pedagang di sekitar pantai.
Di sela acara Ketua LDII Kota Surabaya, Akhmad Setiadi menyampaikan kegiatan ini dalam rangka road show LDII untuk rakernas di tahun 2023 ini.

“Kerja bakti bersama bakti untuk negeri artinya ini bagian kita gabungan LDII sendiri tokoh masyarakat termasuk FKUB, MUI. Kami undang juga dari PC NU, Mummadiyah, dari Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu,” ujarnya.
Menurut dia kebersihan lingkungan tak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata. Tapi masyarakat juga harus ikut menjaganya.
“Tanggung jawab masyarakat yang ada di sekitarnya. Termasuk kami LDII juga masyarakat yang lain. Artinya saat ini kami sediakan bibit, sediakan tong sampah. Karena kami survey kemarin cukup banyak pedagang yang di pinggir pantai,” tuturnya.
“Sampah sendiri tak hanya dari masyarakat, tapi kadang dari laut orang membuangnya. Kita praktik sungguhan berikan contoh kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu mewakili Pemkot Surabaya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian dari LDII Surabaya. “Karena sudah membantu kerja bakti membersihkan sekitaran Taman Suroboyo dan kami tentunya tidak hanya kerja bakti ini dengan LDII. Mungkin bisa kerja sama di bidang lain wisata dan sebagainya, pengentasan kemiskinan dan sebagainya,” kata dia.

Agus menambahkan LDII juga menyumbang seribu tanaman dan kemudian juga tempat sampah. “Ini merupakan wujud dari partisipasi warga Surabaya. Tentunya nantinya kita berharap semua elemen masyarakat tak hanya LDII itu juga berpartisipasi untuk menjaga Surabaya,” imbuhnya.

Masih di tempat yang sama Ketua DPW LDII Jatim, Moch. Amrodji mengapresiasi apa yang telah dilakukan DPD LDII Kota Surabaya.
“Matur suwun DPD Surabaya yang hari ini melakukan kegiatan road show to rakernas. Rakernas itu akan dilaksanakan tanggal 7 sampai 9 nanti. Sudah sejak tanggal 4 Agustus bersih-bersih nasional,” ujarnya.
“Sekarang Alhamdulillah DPD Surabaya melanjutkan kegiatan itu. Ini sebenarnya sebuah langkah kecil tapi harapan kita bukan di sini, tapi ada edukasi ke masyarakat itu yang paling penting,” pungkas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *