JK Kritik Masih Banyak Jalan Rusak di Daerah: Ini Contoh Ketidakadilan!

PEMERINTAHAN125 Dilihat

GLOBAL BERITA, JAKARTA–  Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Muhammad Jusuf Kalla (JK) menyoroti ketidakadilan terjadi di Indonesia. Menurut JK, salah satu contoh ketidakadilan itu adalah masih banyaknya jalanan yang rusak di berbagai daerah, seperti di Lampung, Jambi, hingga Makassar.

Meskipun jalan tol sepanjang 2.600 kilometer telah terbangun, akan tetapi dikatakan JK, ada 170.000 kilometer jalan raya rusak sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS).

“30 persen jalan (raya) di Indonesia sulit dipakai menurut BPS, bukan menurut saya. Ini contoh ketidakadilan,” kata JK dalam pidatonya di acara Puncak Milad 21 PKS, Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Mei 2023.

JK mengatakan, rakyat biasa yang tak mampu membayar tol dan tidak mendapatkan haknya karena ratusan ribu kilometer jalan raya justru rusak parah. Padahal menurut JK, jalan raya sangat mendesak, sebab setiap harinya digunakan rakyat Indonesia.

“Artinya adalah, orang bisa menganggap kalau mau jalan baik hanya orang mampu yang bisa jalan baik, karena dia bayar. Tapi jalan rakyat, yang dijalani tiap hari oleh petani kita, pedagang kecil, oleh siapapun rusak tidak diperbaiki. Itu ketidakadilan untuk rakyat, itu contoh yang kecil saja,” kata JK.

“Kenapa jalan tidak baik? Menteri PU orang hebat tapi enggak ada tentu enggak ada, karena kita memilih proyek yang mahal-mahal yang itu manfaatnya tidak seperti apa yang diharapkan,” ujar JK.

Lebih lanjut dia menambahkan, siapapun nanti yang akan menjadi presiden harus menyelesaikan tugas ini. “Itu prinsip keadilan. Siapapun nanti presiden yang baru harus mengubah,” pungkasnya. (Yani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *