Bupati Joune Ganda Audiensi Bersama Unika De La Salle Bahas Kesiapan PKM di Minahasa Utara

MINUT74 Dilihat

Pelliput: Ronni Assa

GLOBAL BERITA, MINUT, – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda S.E., MAP., M.M., M.Si.menerima audiensi Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado yang dihadiri Dekan Fakultas Keperawatan Wahyuny Langelo BSN M.Kes, Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Helly Budiawan S.Kep Ns M.Kes, Ketua Program Studi Profesi Ners Johanis Kerangan, S.Kep Ns M.Kes. Kamis (11/5/2023).

Pertemuan tersebut membahas rencana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan tahap Sarjana dan saat ini sedang menjalani tahap Profesi Ners yaitu sebanyak 116 mahasiswa.
Di samping itu kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa Program Studi DIII Fisioterapi sebanyak 10 mahasiswa, dengan total 126 mahasiswa.
“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 24 Juni 2023 di 13 Desa Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Adapun desa-desa yang dimaksud adalah Desa Munte, Desa Bulutui, Desa Bahoi, Desa Mubune, Desa Serei, Desa Tarabitan, Desa Sonsilo, Desa Tanah Putih, Desa Paputungan, Desa Jayakarsa, Desa Teremaal, Desa Malimbao, Desa Palaes,” ujar Ketua Program Studi Profesi Ners Johanis Kerangan, S.Kep Ns M.Kes.

Ia menuturkan jika, tujuan kegiatan PKM berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan tentang Stunting, kesehatan lingkungan dan pengolahan sampah, serta pelatihan kegawatdaruratan sehari-hari.
“Di samping itu akan melaksanakan pemeriksaan dan pengobatan gratis di 7 Desa kepualauan yang meliputi Desa Gangga Satu, Desa Gangga Dua, Desa Kinabuhutan, Desa Talise, Desa Tambun, Desa Airbanua, dan Desa Wawunian,” imbuhnya.

Sementara Itu, Bupati Joune Ganda S.E., MAP., M.M., M.Si. di dampingi Camat Likupang Barat Maykel Parengkuan mengatakan pihaknya, mengapresiasi Unika De La Salle yang melakukan pengabdian Masyarakat di Minahasa Utara.
“Kami Pemerintah sangat bersyukur karena Kecamatan Likupang Barat menjadi tujuan pengabdian masyarakat dari Mahasiswa Keperawatan Unika De La Salle Manado,” terang Bupati.

Ditempat yang sama, Camat Likupang Barat, Maykel Parengkuan, juga menyatakan bahwa, siap menjalankan tugas yang diberikan oleh bupati dalam rangka kegiatan dari adik-afik mahasiswa dari Universiitas Katolik De La Salle Manado.

“Mereka ada kurang lebih 100 mahasiswa, kami akan mendata kembali kepastianya supaya tiap desa itu berapa jumlah laki laki perempuan, supaya mereka mo dikase tempa tinggal nanti jelas laki laki dimana perempuan dimana, dan rencana tanggap 29 hampir 1 bulan.
Informasi, mereka dari Studi Ilmu Keperawatan tentunya ini mengenai kesehatan semua, program mereka belum sampaikan secara detail tapi umumnya mengenai kesehatan. Dasarnya giat mereka mendukung program bupati dalam rangka penurunan stunting dan mereka bisa bantu sosialisasi melalui kesehatan ibu hamil anak balita, mereka hanya di desa yang ada di darat semua tidak ada di desa kepulauan, hanya di 13 desa, kalau di desa pulau hanya pergi kegiatan tidak tinggal semacam bakti sosial kesehatan di desa yang ada di daratan,” ucap Camat Likbar Maykel Parengkuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *