Unsrat Tandatangani MoU dengan PTN DAN PTS Ternama di Surabaya

PENDIDIKAN164 Dilihat

GLOBAL BERITA – Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Berty A Sompie, M.Eng, terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan tata kelola Unsrat melalui pendekatan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Tanggal 21 Februari 2023, Unsrat menandatangani MoU dengan perguruan tinggi swasta ternama di Surabaya, yakni Universitas Kristen Petra, bertempat di kantor Rektorat UK. Petra.

Kerjasama ini antara lain dalam lingkup pengembangan pendidikan kedokteran antara Unsrat dan UK. Petra, selain kegiatan tri dharma PT yang lain.

Esoknya tanggal 23, tandatangan MoU dengan 3 universitas secara bersama – sama, yaitu dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, dan dengan Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Penandatanganan MoU berlangsung di kampus UPNV Jawa Timur di Surabaya dan secara khusus disaksikan oleh Setditjen Dikti Prof. Dr. Tjijik Sri Tjahjandarie.

Dalam sambutannya Prof Tjitjik menyambut baik kolaborasi yang sangat baik ini untuk mendukung program nasional pendidikan yaitu Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Prof Tjitjik menekankan bahwa segera setelah tanda tangan MoU harus di implementasikan dengan suatu perjanjian teknis kerjasama dan dalam wujud kegiatan yang nyata. Misalnya kerjasama pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dan lain sebagainya.

Rektor Unsrat dalam sambutannya menegaskan,”Unsrat yang telah terakreditasi Unggul oleh BAN PT, perlu terus meningkatkan mutu pendidikan dan tata kelola melalui kolaborasi yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak,”ucap Sompie.

Bahkan segera setelah tanda tangan MoU antar Universitas, maka di lanjutkan dengan tanda tangan Kerjasama teknis antara Dekan Fispol Unsrat dengan Dekan Fispol UPNV.

Turut serta mendampingi Rektor, adalah WR4 Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, dan Dekan Fispol, Dr. Novie Pijoh, MS. Setelah prosesi tandatangan MoU, dirjen Pendidikan Tinggi Prof.Dr.Nizam, hadir di UPNV. Kesempatan tersebut tidak di sia siakan oleh Prof. Berty untuk menyapa beliau dan melaporkan program Unsrat ke depan.

Prof Berty melaporkan bahwa program dikti mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi, oleh Unsrat telah di sosialisasikan ke semua unit kerja, dan telah dipahami oleh sebagian besar pimpinan, dosen dan mahasiswa.

Pak Dirjen mengapresiasi langkah langkah taktis Rektor Unsrat dalam mendukung program dikti, termasuk perlunya pengembangan fasilitas bimbingan dan konseling guna mencegah berkembangnya perudungan dan gangguan pada mahasiswa.

Pada akhir kunjungan kerja di kampus UPNV, dalam rangka kerjasama teknis lebih lanjut, Dekan Fispol bersama WR4 Unsrat mengunjungi lab. komunikasi UPNV yang sudah sangat maju dan diantar oleh Dekan Fispol UPNV beserta jajaran.

Dikampus tersebut sudah tersedia laboratorium Cyber Public Relation, Lab Broadcast, Studio TV Streaming, Lab Sinematografi, dan Lab Komuniukasi Visual dan Periklanan, serta studio radio.

“Ternyata kecenderungan lingkup ilmu sosial saat ini sudah semakin maju dan di perkaya dengan teknologi informasi, dan bahkan sudah menggunakan big data dalam proses analisis perilaku di lingkungan sosial,”dekan Fispol Unsrat, Dr.Novie Pijoh, MS.

Sementara WR-4 Unsrat Prof. Dr. Ir. Sangkertadi mengatakan, “Unsrat juga akan mengembangkan model pendidikan ilmu komunikasi seperti di UPNV.”ucap Sangkertadi.

“Namun dilaksanakan secara bertahap dengan menggandeng para pakar dan unit kerja lain di bidang IT yang ada di lingkungan Unsrat,”ucap Sangkertadi lebih lanjut.

“Nantinya akan sangat bermanfaat baik bagi kemajuan akademik maupun untuk income gererating BLU Unsrat,” tutup Prof. SangkertadUniversitas Sam Ratulalangi (Unsrat) Manado menandatangani MoU dengan perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Surabaya, Selasa (21/02/2023)

Penandatanganan MoU disaksikan oleh petinggi direktorat jenderal pendidikan tinggi.(ALFRETS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *